5 Perpustakaan Keliling Paling Unik, Salah Satunya Berbentuk Tank

Selama lebih dari 1 abad, perpustakaan keliling telah menjadi sarana penting untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap bacaan. Selain itu, perpustakaan keliling awalnya dibuat untuk meningkatkan peminjaman buku untuk pemustaka lokal.

Tercatat, perpustakaan keliling pertama di dunia adalah seekor kuda yang dioperasikan pada tahun 1857 di North West England, Inggris. Antusiasme yang muncul cukup tinggi dengan meningkatnya peminjaman buku.

Meskipun saat ini informasi apapun dapat diperoleh lebih mudah, tetapi hal tersebut bukan berarti menghilangkan gairah saat ada setumpuk buku datang ke lingkungan rumah Anda. Hal ini terutama berlaku bagi anak-anak.

Karena sasarannya biasanya adalah anak-anak, maka bentuk fisik perpustakaan keliling harus dibuat sekreatif mungkin. Jika di Indonesia perpustakaan keliling cenderung membosankan, maka tidak demikian dengan 5 perpustakaan keliling ini.

5 perpustakaan keliling ini bisa dibilang unik dalam hal bentuk fisiknya. Misalnya, ada perpustakaan keliling yang berbentuk tank dengan moncong meriam mengarah ke depan.

Penasaran dengan perpustakaan unik ini? Berikut ulasannya seperti yang lansir Ebook Friendly, Jumat (16/1/2015).

1. Weapons of Mass Instruction

Bentuk Weapons of Mass Instruction (WMI) sangat unik. Lihat saja, perpustakaan keliling ini berbentuk seperti tank di masa perang. Anda bisa menemukan perpusatakaan unik ini di jalanan Buenos Aires, Argentina.

Adalah Ford Falcon yang menciptakan WMI. Konsep perpustakaan keliling ini cukup sederhana, kerangka kendaraaan dijadikan rak buku sehingga buku-buku yang dimasukkan membentuk body mobil.

2. Donkey Mobile Libraries

Keledai selalu diasosiasikan dengan kebodohan. Tetapi di Ethopia, keledai justru dekat dengan pengetahuan. Sebab, salah satu perpustakaan keliling menjadikan keledai sebagai penariknya.

Terletak di Ethopia, perpustakaan yang diberi nama Donkey Mobile Libraries ini mulai beroperasi tahun 2006. Saat ini, perpustakaan keledai telah memiliki 6 cabang dan mengantarkan buku dari sekolah ke sekolah, desa ke desa.

3. Bibioburro

Mirip dengan Donkey Mobile Libraries di Ethopia, perpustakaan keliling ini juga dibawa oleh keledai untuk mendistribusikan buku-buku ke desa-desa terpencil di Magdalena, Kolombia. Orang yang berada di balik ide perpustakaan keliling yang sangat sederhana ini bernama Luis Soriano, pustakawan sekaligus guru.

Saat sampai di sebuah desa, Luis akan menggelar seluruh barang bawaannya dan mendirikan semacam perpustakaan outdoor. Anak-anak yang memang haus akan pengetahuan selalu ramai mengunjungi perpustakaan Luis ini.

4. Tram Library

Sebuah tram tua di Brno, Republik Ceko, dimodifikasi menjadi sebuah perpustakaan keliling yang mengasyikkan. Perpustakaan tram menempuh perjalanan setiap hari sepanjang 70 km.

Selain buku cetak, perpustakaan ini juga menyediakan buku elektronik. Dengan keunikannya, perpustakaan ini diberi anugrah oleh IFLA (International Federation of Library Associations) sebagai perpustakaan yang paling inovatif dalam marketing tahun 2014.

5. Il Bibliomotocarro

Antonio La Cava, seorang pensiunan guru dari Ferrandina, Italia, memutuskan untuk mendirikan perpustakaan keliling setelah dirinya pensiun. Perpustakaan keliling ini dibuat dengan memodifikasi Piaggio Ape miliknya.

Perpustakaan keliling yang diberi nama Il Bibliomotocarro ini pertama kali beroperasi tahun 2003 dan membawa sekitar 700 buku ke pedesaaan Italia di wilayah Basilicata. Saat datang ke sebuah tempat, Il Bibliomotocarro akan mengeluarkan suara mirip organ.

 

 

Sumber : http://lifestyle.liputan6.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *