Sosialisasi Program Perpuseru di Perpustakaan Daerah Kabupaten Tegal

Bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal menggelar acara Sosialisasi Program Perpuseru bertempat di Ruang Audio Visual Gedung Perpustakaan Daerah “Soekarno-Hatta” Jl. Jend. Ahmad Yani No. 51 Procot Slawi pada hari Kamis, 11 Pebruari 2016 pukul 09.00 WIB s.d. selesai.

Kegiatan yang bertujuan menjadikan perpustakaan sebagai “Pusat pembelajaran masyarakat yang berkelanjutan/berkesinambungan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat” ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dari instansi pemerintah dan swasta termasuk juga anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Komisi IV serta Perguruan Tinggi.

Misi Program Perpuseru adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan.

Adapun tujuan dari Program Perpuseru yaitu Menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Komponen yang terdapat pada Program Perpuseru antara lain :

  1. Meningkatkan / Menyediakan  Perangkat Komputer & Internet
  2. Membangun Kemitraan untuk membangun dukungan terhadap pengembangan perpustakaan
  3. Capacity Building / Pengembangan Kapasitas  yang intensif meliputi Pelatihan  dan mentoring / pendampingan
  4. Advokasi untuk mendukung keberlanjutan pengembangan perpustakaan
  5. Monitoring, Evaluasi, dan  Learning / Pembelajaran (MEL)

Agar Program Perpuseru bisa terlaksana dengan baik guna melakukan pengembangan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkelanjutan maka perlu menerapkan strategi khusus antara lain :

  1. Peningkatan layanan dan komputer internet
  2. Pelibatan masyarakat
  3. Advokasi

Program Perpuseru untuk saat ini menyasar kalangan  muda, perempuan dan pengusaha mikro dan sementara terfokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan Ekonomi. Tidak menutup kemungkinan akan merambah kepada kalangan dan bidang lainnya.

Mudah-mudahan program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat luas terutama masyarakat di Kabupaten Tegal ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 All right reserved. | Theme: Business Kid by eVisionThemes