Rapat Forum Komunikasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2016

Rabu, 2 Maret 2016 Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal melaksanakan Rapat Forum Komunikasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka penyusunan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017 di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Tegal.

Forum yang digelar selama sehari tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal (Perpusarda), Drs. WAUDIN, M.Si. Kepala Perpusarda Kab. Tegal mengatakan bahwa Forum SKPD ini merupakan salah satu instrumen penting dalam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah dalam penyusunan prioritas anggaran tahun 2017 yang memberikan kewenangan kepada SKPD dalam menentukan bentuk dan jenis penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya berdasarkan kebutuhan sektor, partisipasi masyarakat dan aspirasi pemangku kepentingan lain.

Output lain yang diharapkan melalui rapat Forum SKPD ini adalah finalisasi kegiatan yang menjadi rencana kerja SKPD untuk tahun 2017 mendatang. Melalui forum ini juga diharapkan diperolehanya data-data kegiatan yang meliputi lokasi kegiatan, volume kegiatan dan anggaran. Dengan demikian Renja 2017 dapat disusun finalisasinya sebelum dibahas melalui musrenbang tingkat Kabupaten Tegal.

Narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tegal menyampaikan, tujuan forum ini untuk menselaraskan program dan kegiatan pembangunan sehingga dapat ditetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan. Forum SKPD sebagai wadah menjaring aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menyempurnakan rancangan rencana strategis dan rencana kerja SKPD. Peran Forum SKPD dapat mendorong penerapan pendekatan perencanaan dari bawah ke atas (bottom-up planning) berdasarkan asas demokratisasi dan desentralisasi.

Harapannya melalui forum ini mampu memberikan dampak yang positif guna menciptakan percepatan pembangunan yang berkesinambungan dan memotivasi demi terselenggaranya pemerintahan dan pembangunan yang selaras.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 All right reserved. | Theme: Business Kid by eVisionThemes