LOMBA BERCERITA SISWA-SISWI SD/MI TINGKAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016

Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada pasal 48 menyebutkan bahwa pembudayaan kegemaran pembaca dilakukan melalui keluarga,  satuan pendidikan dan masyarakat. Pembudayaan Kegemaran membaca pada keluarga difasilitasi oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah melalui buku murah dan berkualitas, Pembudayaan Kegemaran Membaca pada satuan pendidikan dilakukan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran, Pembudayaan Kegemaran Membaca pada masyarakat dilakukan melalui penyediaan sarana perpustakaan ditempat-tempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu. Pembudayaan Kegemaran Membaca lebih mudah ditanamkan pada anak usia dini secara terus menerus sehingga akan tumbuh budaya gemar membaca pada diri anak. Untuk menumbuhkan melestarikan dan menanamkan kegemaran membaca pada anak terutama siswa-siswi Sekolah Dasar, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal menyelenggarakan Lomba Bercerita pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2016 bertempat di Aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal.

Tujuan diadakan lomba bercerita siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2016 adalah untuk menarik minat baca siswa-siswi tentang buku-buku cerita budaya daerah (lokal) dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya nusantara, Sedangkan Tema Lomba Bercerita adalah Menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Persyaratan peserta lomba bercerita adalah siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD/MI yang merupakan perwakilan dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal, peserta dinilai oleh 5 orang Dewan Juri antara lain dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal adalah Kasi Perpustakaan (Jamroni, S.Pd.M.Pd), Pustakawan (Moh.Amin.A.Ma), dan Dewan Juri dari luar Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Tegal adalah Amin Budiyanto, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Slawi), Supriyati S.S.Pd (Guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Slawi), dan Dyah Setyawati (Seniman dari Dewan Kesenian Kabupaten Tegal).

Komponen penilaian meliputi:

1. Penampilan

lebih menekankan kepada penampilan peserta, apakah peserta tampil dengan santai/wajar, penuh percaya diri, meyakinkan

2. Cara Bercerita/Teknik bercerita

peserta hendaknya memulai atau mengakhiri penampilan dirinya dengan memperhatikan hal-hal berikut :

–    Vokal suara

–    Artikulasi

–    Diksi

–    Tempo dan Kecepatan serta proyeksi

3. Penguasaan Materi

Peserta harus menguasai isi cerita dan menghayati cerita yang dibawakan, peserta harus melakukan improvisasi maupun melakukan penyesuaian fantasi dan imajinasi dalam berintegrasi dengan materi cerita yang dibawakan.

4. Kemampuan/Skill Peserta

Peserta harus bisa mendayagunakan seluruh kemampuan (potensi) dirinya dengan memadukan ketiga unsur penilaian secara kreatif, efektif dan inovatif serta kemampuan menjawab pertanyaan dewan juri yang bersumber dari judul buku yang pernah dibaca yang dicantumkan pada biodata peserta.

5. Penggunaan alat bantu atau alat peraga

Peserta dipersilahkan menggunakan alat bantu atau alat peraga untuk meyakinkan jalan cerita

Judul cerita yang dibawakan peserta dalam lomba bercerita ini adalah Karya Ahmad Hamam Rochani antara lain:

  1. Adipati Ki Gede Sebayu
  2. Bendungan Kali Gung
  3. Banteng Loreng Binoncengan/Panembahan Purbaya
  4. Raden Harya Sindoreja/Si Gendowor

Berikut ini daftar pemenang Lomba Bercerita Siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2016

Juara I : Jazilah

Asal Sekolah : SD N Tegalwangi 04 Kecamatan Talang

Juara II : Akmal F.H.

Asal Sekolah : SD Islam Al-Falah Margasari Kecamatan Margasari

Juara III : Marsya Purwagianti

Asal Sekolah : SD N Kagok 03 Kecamatan Slawi

Harapan I : Nadia Putri M

Asal Sekolah : SD N Batuagung 01 Kecamatan Balapulang

Harapan II : Cut Ayunda D.

Asal Sekolah : SD N Lebaksiu Kidul 01 Kecamatan Lebaksiu

Harapan III : Wahyuningtyas

Asal Sekolah : SD N Mindaka 01 Kecamatan Tarub

Pemenang Tingkat Kabupaten Tegal akan mendapatkan penghargaaan berupa Piagam yang ditandatangani oleh Bupati Tegal, Uang pembinaaan dan Piala, sedangkan untuk peraih Juara I berhak mewakili Kabupaten Tegal mengikuti Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

1 comment on “LOMBA BERCERITA SISWA-SISWI SD/MI TINGKAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016”

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *