PENINGKATAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016

Apa yang kita pikirkan jika mendengar kata perpustakaan pasti yang terbayang adalah sebuah gedung atau ruangan yang penuh dengan jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur menurut suatu sistem  tertentu yang disusun secara rapih di rak buku atau di rak majalah. Dalam perkembangannya perpustakaan memperoleh penghargaan yang tinggi, bukan sekadar suatu gedung yang berisi koleksi buku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tetapi perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.Adapun pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggung jawabnya kepada kepala sekolah; yang melayani sivitas akademika sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan sekolah mempunyai fungsi sebagai :

Fungsi Informatif

Mengupayakan penyediaan koleksi perpustakaan yang bersifat memberikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para siswa dan guru.

Fungsi Edukatif

Segala fasilitas dan sarana yang ada pada perpustakaan sekolah, terutama koleksi yang dikelolanya banyak membantu para siswa sekolah untuk belajar dan memperoleh kemampuan dasar dalam mentransfer konsep-konsep pengetahuan, sehingga di  kemudian hari para siswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya lebih lanjut juga sebagai pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah.

Fungsi Riset dan Penelitian

Perpustakaan sebagai pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.

Fungsi Rekreasi

perpustakaan sebagai pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan)

Manfaat perpustakaan sekolah menurut Bafadal (2009 : 5) adalah sebagai berikut:

1)            Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan siswa terhadap membaca

2)            Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar siswa

3)            Perpustakaan sekolah dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya siswa dapat belajar dengan mandiri

4)            Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca

5)            Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa

6)            Perpustakaan sekolah dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab

7)            Perpustakaan sekolah dapat memperlancar siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah

8)            Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran

9)            Perpustakaan sekolah dapat membentuk siswa, guru-guru dan staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan melihat banyaknya fungsi dan manfaat yang akan diperoleh dari keberadaan perpustakaan sekolah yang tentunya harus dikelola dengan baik oleh tenaga perpustakaan (pustakawan) agar pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar pengelolaan perpustakaan sekolah dimana diharapkan nantinya perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, karyawan dan semua pihak sekolah dan perpustakaan sekolah bisa menjadi bagian yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Untuk memaksimalkan fungsi dan peran perpustakaan sekolah, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal melaksanakan lomba perpustakaan sekolah jenjang SD, SMP,SMA/SMK Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2016.

Untuk jenjang Sekolah Dasar diikuti oleh 10 Sekolah antara lain:

  1. Perpustakaan SD N Blubuk 06 Kecamatan Dukuhwaru,
  2. Perpustakaan  SD N Kalisapu 01 Kecamatan Slawi,
  3. Perpustakaan SD Budi Mulia Muhammadiyah Kecamatan Adiwerna
  4. Perpustakaan SD N Tanjungharja 02 Kecamatan Kramat
  5. Perpustakaan SD N Jatimulya 02 Kecamatan Suradadi
  6. Perpustakaan SD N Pagerbarang 03 Kecamatan Pagerbarang
  7. Perpustakaan SD N Prupuk Utara 01 Kecamatan Margasari
  8. Perpustakaan SD N Banjaranyar 02 Kecamatan Balapulang
  9. Perpustakaan SD N Kedawung Kecamatan Bojong
  10. Perpustakaan SD N Muncanglarang 02 Kecamatan Bumijawa.

Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) diikuti oleh 10 Sekolah antara lain:

  1. Perpustakaan Sekolah SMP N 1 Dukuhturi
  2. Perpustakaan SMP N 3 Adiwerna
  3. Perpustakaan SMP N 2 Kramat
  4. Perpustakaan SMP N 2 Pangkah
  5. Perpustakaan SMP N 1 Suradadi
  6. Perpustakaan SMP N 1 Slawi
  7. Perpustakaan SMP N 1 Balapulang
  8. Perpustakaan SMP N 2 Balapulang
  9. Perpustakaan SMP N 1 Kedungbanteng
  10. Perpustakaan MTs N 2 Tegal

Jenjang SMA/MA/SMK ada 9 Sekolah yang ikut serta diantaranya:

  1. Perpustakaan SMA N 1 Pangkah
  2. Perpustakaan SMA N 1 Kramat
  3. Perpustakaan SMA N 1 Margasari
  4. Perpustakaan SMA N 1 Bojong
  5. Perpustakaan SMK NU 1 Slawi
  6. Perpustakaan SMK Muhammadiyah Slawi
  7. Perpustakaan SMK NU 1 Islamiyah Kramat
  8. Perpustakaan MAN 1 Pagerbarang
  9. Perpustakaan MAN Lebaksiu

Dari semua peserta yang mengikuti lomba akan diambil 6 besar untuk menjadi juara tingkat Kabupaten Tegal yaitu juara I, II, III dan Harapan I, II, III dan untuk juara I berhak mewakili Kabupaten Tegal dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah melibatkan Kasi Perpustakaan dan 4 orang pustakawan, aspek yang di nilai dalam lomba perpustakaan sekolah yaitu tentang Organisasi Perpustakaan, Gedung Ruang Perpustakaan, Sarana dan Prasarana, Layanan Perpustakaan dan Program Perpustakaan, Promosi Perpustakaan, Anggaran Perpustakaan, Tenaga Pengelola Perpustakaan, Koleksi Perpustakaan, Sumber Daya Elektronik Perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka, Kerjasama Perpustakaan dan Data Pendukung berupa Kartu Anggota Perpustakaan, Inventarisasi Bahan Pustaka, Statistik Peminjaman dan lain-lain.

Dari hasil penilaian langsung ke lokasi masih banyak Perpustakaan Sekolah yang dikelola secara kurang maksimal bisa dilihat dari lokasinya yang berada dibelakang atau jauh dari ruang kelas sehingga terkesan perpustakaan sekolah tidak diperhatikan dan dikesampingkan dan hanya dianggap sebagai pelengkap saja yang seharusnya ruangan perpustakaan berada di depan atau di tengah bangunan sekolah sehingga mudah dijangkau oleh ruang kelas dan perpustakaan seyogyanya harus ditata secantik mungkin sehingga siswa tidak malas untuk ke perpustakaan.

Dari segi Tenaga Pengelola Perpustakaan masih di jumpai sekolah yang mempercayakan pengelolaan perpustakaan kepada tenaga yang tidak memiliki keahlian di bidang ilmu perpustakaan atau bukan berasal dari tenaga pustakawan sehingga pengelolaan masih kurang maksimal paling tidak jika perpustakaan sekolah di kelola oleh tenaga yang memiliki pengetahuan ilmu perpustakaan atau berpendidikan ilmu perpustakaan maka akan mengetahui bagaimana cara menginventarisasi bahan pustaka, mengelola administrasi perpustakaan yang lain yang nantinya akan memberikan layanan terbaik kepada siswa sehingga perpustakaan sekolah akan selalu ramai dikunjungi oleh siswa dan warga sekolah yang lain dan juga dapat meningkatkan minat baca siswa. Hal lain yang harus menjadi perhatian pengelola perpustakaan adalah banyak buku paket atau buku pegangan wajib siswa yang di letakkan pada rak buku perpustakaan sehingga rak koleksi perpustakaan penuh dengan buku-buku paket. Jenis buku di perpustakaan sekolah tidak seperti perpustakaan umum dimana semua jenis buku bisa masuk. Suwarno (2011: 60) menyebutkan bahwa terdapat 2 jenis koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah secara umum. Jenis buku yang ada di perpustakaan sekolah tersebut antara lain:

Buku Bacaan

Buku bacaan ini memuat materi-materi serta referensi yang informatif. Buku bacaan ini dapat dibagi menjadi 3 kategori, antara lain:

  1. Buku Bacaan Fiksi, buku yang ditulis berdasarkan khayalan pengarang dalam bentuk cerita dan dapat memberikan hiburan, ketenteraman pikiran, dan ketenangan
  2. Buku Bacaan Non-Fiksi, buku tentang ilmu pengetahuan dan dimaksudkan untuk menambah pengetahuan para pembacanya
  3. Buku Bacaan Fiksi Ilmiah, buku yang ditulis berdasarkan khayalan pengarang dalam bentuk cerita serta juga berdasarkan ilmu pengetahuan yang relevan sehingga mampu mempengaruhi pengembangan daya pikir ilmiah pembaca

 

Buku Ilmiah

Buku ilmiah adalah buku yang ditulis dan dihasilkan dari studi maupun kegiatan ilmiah yang disajikan dalam berbagai bentuk yang dapat mempengaruhi daya intelektual pembaca. Contoh buku yang termasuk dalam jenis buku ilmiah ini misalnya laporan penelitian, jurnal, handbook, buku teks dan sejenisnya.Kedua jenis buku diatas merupakan jenis buku-buku yang umumnya digunakan sebagai referensi, sumber belajar atau bahan ajar dalam pembelajaran. Buku bacaan dan buku ilmiah memberikan varian dan ragam materi pembelajaran yang sangat lengkap dan banyak. Namun demikian tentunya bukan tidak mungkin jenis buku lain dimasukkan dalam perpustakaan sekolah. Namun tetap komposisi utama buku perpustakaan sekolah diharapkan berasal dari jenis buku bacaan dan buku ilmiah, buku jenis lain dapat digunakan sebagai pelengkap dan selingan ketika membutuhkan informasi atau referensi diluar materi pembelajaran. Buku-buku bacaan dan buku-buku ilmiah merupakan jenis buku yang pantas untuk mengisi rak-rak perpustakaan sekolah. Pembelajaran akan sangat banyak tertolong dengan adanya buku-buku dari jenis buku bacaan dan buku ilmiah. Guru tidak akan kesulitan menemukan bahan ajar dan siswa juga mudah mencari sumber belajardan referensi. Oleh Karena itu pengelola perpustakaan sekolah dalam hal ini pustakawan yang ada di perpustakaan sekolah harus jeli dan teliti memilah bahan pustaka yang akan di jadikan koleksi dan akan diletakkan di rak-rak perpustakaan sekolah, dan hanya sedikit saja buku paket yang mengisi rak-rak buku perpustakaan. Diharapkan dari penilaian yang dilaksanakan terhadap peserta lomba perpustakaan sekolah nantinya dapat meningkatkan pengelolaan perpustakaan secara maksimal sehingga dapat memberikan layanan terbaik yang dapat memuaskan siswa dan meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan sekolah.Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh dewan juri maka diperoleh juara Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2016 sebagai berikut:

Jenjang Sekolah Dasar (SD)

  1. Juara I  Perpustakaan SD N Prupuk Utara 01 Kecamatan Margasari
  2. Juara II Perpustakaan SD N Muncanglarang 02 Kecamatan Bumijawa
  3. Juara III Perpustakaan SD N Blubuk 06 Kecamatan Dukuhwaru
  4. Harapan I Perpustakaan SD Budi Mulia Muhammadiyah Kecamatan Adiwerna
  5. Harapan II Perpustakaan SD N Kedawung Kecamatan Bojong
  6. Harapan III Perpustakaan SD N Jatimulya 02 Kecamatan Suradadi

Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)

  1. Juara I Perpustakaan SMP N 2 Balapulang
  2. Juara II Perpustakaan SMP N 3 Adiwerna
  3. Juara III Perpustakaan SMP N 1 Suradadi
  4. Harapan I Perpustakaan SMP N 1 Dukuhturi
  5. Harapan II Perpustakaan MTs Negeri 2 Tegal
  6. Harapan III Perpustakaan SMP N 1 Kedungbanteng

Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)

  1. Juara I Perpustakaan SMA N 1 Margasari
  2. Juara II Perpustakaan SMK NU 1 Slawi
  3. Juara III Perpustakaan SMK NU 1 Islamiyah Kramat
  4. Harapan I Perpustakaan MAN Lebaksiu
  5. Harapan II Perpustakaan SMA N 1 Pangkah
  6. Harapan III Perpustakaan SMA N 1 Bojong

Pemenang lomba akan mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam/sertifikat dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tegal.

Selamat kepada pemenang lomba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 All right reserved. | Theme: Business Kid by eVisionThemes