Lomba Bercerita Siswa-Siswi SD/MI Negeri/Swasta Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2017

Slawi, 10 April 2017 – Dalam rangka meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di kalangan siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) serta memeriahkan HUT Kabupaten Tegal ke 416, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyelenggarakan Lomba Bercerita Siswa-Siswi SD/MI Negeri/Swasta Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2017.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini diselenggarakan di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan diikuti sebanyak 18 peserta siswa-siswi SD diselenggarakan pada hari Senin, 10 April 2017 dan berlangsung mulai jam 08.00 sampai dengan selesai.

Lomba yang mengusung tema “Menumbuhkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan terhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter serta Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa” dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tegal, Drs. ABDUL APIPUDIN, M.Si.

Lomba ini bertujuan untuk 1). menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa; 2). Mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan dan misi membangun pendidikan karakter (baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda); 3). Menumbuhkankembangkan kecintaan anak-anak akan budaya nusantara.

Penilaian di dalam lomba ini meliputi 4 kriteria yaitu Penampilan, Cara Bercerita/Teknik Bercerita, Penguasaan Materi dan Kemampuan/Skill Peserta. Bagi Juara Lomba akan mendapatkan piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan sebagai berikut :

  1. Juara 1 = Rp. 1.500.000
  2. Juara 2 = Rp. 1.250.000
  3. Juara 3 = Rp. 1.000.000

Berikut adalah para pemenang lomba :

  1. Faira Alamul Hida (SDN Langgen Kecamatan Talang) JUARA I
  2. Naila Shafa Hanidhar (SDN Pakembarang 02 Kecamatan Slawi) JUARA II
  3. Robi Maulana (SDN Kertaharja 02 Kecamatan Kramat) JUARA III
  4. Shofrina Maulida Syafilah (SDN Mindaka 01 Kecamatan Tarub) JUARA HARAPAN I
  5. Moh. Omar Malik Ibrahim (SDN Pagerbarang 03 Kecamatan Pagerbarang) JUARA HARAPAN II
  6. Ghaissany Bilqis Salsabila (SDN Sidoharjo 02 Kecamatan Suradadi) JUARA HARAPAN III

Juara I berhak mewakili Kabupaten Tegal untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang pada tanggal 4 Mei 2017.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *