Lomba Bercerita Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2014

Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah menggelar lomba bercerita bagi siswa-siswi SD/MI tingkat Kabupaten Tegal, Senin 16 Juni 2014 dengan tema “Menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”. Dengan peserta lomba sebanyak 18 peserta yang berasal dari SD/MI utusan UPTD Dinas Dikpora se-Kabupaten Tegal. Peserta yang mengikuti lomba merupakan siswa-siswi yang diseleksi dari masing-masing UPTD Dinas Dikpora Kecamatan.

Lomba bercerita dilaksanakan di halaman Gedung Perpustakaan Soekarno Hatta Slawi dibuka oleh Kepala Seksi Perpustakaan Abadi Pitojo, M.Pd. Menurutnya, maksud diadakannya lomba ini adalah sebagaimana yang diamatkan dalam UUD 1945 dan UU No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat untuk mengembangkan potensi masyarakat. Agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan bertanggung-jawab. Dan mengantisipasi perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara di abad yang semakin modern ini.

Dengan adanya lomba bercerita ini diupayakan dapat memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa Sekolah Dasar (SD) di bidang seni dan sastra. “Perlu diselenggarakan suatu aktivitas yang mampu mewadahi ekspresi siswa. Kegiatan ini diharapkan mampu mewadahi berbagai kegiatan seni dan sastra, serta mampu mengangkat potensi yang dimiliki siswa hingga mampu memberikan prestasi. Dan kebanggaan bagi dunia pendidikan di Kabupaten Tegal pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya,” kata Kepala Seksi Perpustakaan, Abadi Pitojo, M.Pd.

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkankembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media. Untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan. Menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah. Menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara. Menghimpun usaha pengembangan minat baca anak-anak dikaitkan dengan kondisi psikologisnya. Memotivasi sekolah untuk berusahaa mengembangkan perpustakaan sekolah sebagai wadah peningkatan minat baca dan rekreasi. Dan menumbuhkembangkan minat dan budaya baca sejak dini.

Lomba dilaksanakan dengan metode menampilkan satu persatu peserta untuk dapat bercerita, sesuai dengan judul yang telah dipilih. Sesuai dengan pilihan siswa. Masing-masing peserta diberikan waktu 20 menit untuk bercerita. “Dari penampilan seluruh peserta itu, dewan juri akan memilih enam peserta terbaik untuk tingkat Kabupaten Tegal.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, para peserta dan semua siswa dapat membiasakan membaca kapan saja, di mana saja dan apa saja. Sehingga tercipta minat dan budaya baca dikalangan generasi muda sejak dini.

Dalam perlombaan ini keluar sebagai pemenang juara I, Umi Afifah SDN Sokatengah 02 Kec. Bumijawa, juara II, Salma Nazilah dari SDN Langgen Kec. Talang dan juara III Rihadatul Aisynisa dari MI Raden Fatah 01 Grobog Wetan Kec. Pangkah. Untuk juara harapan I diraih oleh salma Hanan Az-Zahra dari SDN Slawi Kulon 03 Kec. Slawi. Peringkat juara harapan II disabet oleh Luthfia Khairunisa dari SD IT Budi Mulia Kec. Adiwerna. Dan peringkat harapan III disandang oleh Sri Nanta Rahmadina perwakilan SDN Pekauman Kulon 01 Kec. Dukuhturi.

Juara 1 lomba bercerita berhak mewakili Kabupaten Tegal untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi selanjutnya akan dipilih untuk berlomba di tingkat nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 All right reserved. | Theme: Business Kid by eVisionThemes